Selasa, 23 Agustus 2016

PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)



PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

1.1.LATAR BELAKANG/RASIONAL
Dewasa ini, teknologi informasi dan komunikasi merupakan bagian terpenting bagi kehidupan manusia bahkan menjadi sebuah ketergantungan di dalam membantu memenuhi kebutuhan manusia. Istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik hardware maupun software) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Dirasakan penting bahkan menjadi suatu ketergantungan tatkala penerapannya berada di dalam suatu organisasi, lembaga maupun perusahaan dalam membantu menjalankan fungsi manajemen dari mulai perencanaan, (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) demi tercapainya efektifitas dan efisiensi.
Teknologi informasi dan komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Ketika kita berbicara “uang” pastilah semua orang akan sensitive mendengarnya apalagi keuangan yang ada didalam sebuah organisasi maupun perusahaan yang merupakan faktor terpenting untuk menopang eksistensi organisasi maupun perusahaaan. Berdasarkan pengamatan di lapangan, keuangan dalam organisasi, lembaga maupun perusahaan terutama yang memiliki misi islam kurang termanage dengan baik terutama dalam bidang pengelolaannya yang semakin lemah tingkat efisiensinya. Mengapa? Sistem manual yang masih dipergunakan dalam proses pembuatan laporan keuangan, pengarsipan, bahkan pembukuan menyebabkan pengaksesan data bahkan informasi yang relative lama dan kurangnya transparansi sehingga berakibat pada pengawasan yang sulit dilaksanakan oleh pengelola. Permasalahannya, bagaimana cara menguasai teknologi informasi itu untuk membantu mengelola keuangan secara efektif dan efisien?
Langkah tepat adalah melalui pelatihan dan latihan yang dapat menggugah sekaligus membuat melek teknologi bagi para pengelola keuangan dalam organisasi maupun perusahaan terutama organisasi dan lembaga islam seperti pengelola BMT maupun pengelola zakat infaq dan sadaqah. Dalam pelatihan, para pengelola keuangan organisasi dan lembaga islam dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan tentang penggunaan sistem database dan sistem informasi akuntasi. Dengan cara demikian para peserta pelatihan dapat menyajikan sistem pembuatan laporan keuangan, sistem pembukuan dan segala hal yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan secara akurat, factual, efektif dan efisien.
Oleh karena itu, mempersiapkan pengelola keuangan yang cermat, terampil, dan tepat melalui pelatihan dan memperbanyak latihan merupakan langkah strategis dan sangat diperlukan dalam mentransparansi keuangan organisasi maupun perusahaan khususnya organisasi dan lembaga islam. Jika sudah terlatih, berbagai pekerjaan dalam mengelola keuangan dapat terselesaikan secara efisien dan kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat diminimalisir serta memudahkan para pengelola adalam pengaksesan informasi keuangan karena sistem pengelolaan keuangan yang telah dikomputerisasi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
1.2.Indikator
1)      Mengintegrasikan semua sistem operasi dan keuangan
2)      Mengakses informasi keuangan organisasi maupun perusahaan dengan mudah dan cepat
3)      Menerapkan seluruh pengetahuan yang telah diberikan untuk meminimalisir kesalahan
4)      Memudahkan dalam administrasi
5)      Memudahkan pengarsipan data organisasi maupun perusahaan
1.3.Tujuan
1)      Peserta mampu mengintegrasikan semua sistem operasi dan keuangan
2)      Peserta mampu mengakses dinformasi keuangan organisasi maupun organisasi dengan mudah dan cepat
3)      Peserta mampu menerapkan seluruh pengetahuan yang telah diberikan untuk meminimalisir kesalahan
4)      Peserta mampu mengoperasikan sistem informasi dan teknologi dalam hal administrasi dengan mudah
5)      Peserta mampu mengoprasikan sistem operasi pengarsipan data organisasi maupun perusahaan dengan mudah
1.4.Materi
Materi-materi pelatihan yang disusun Panitia pelatihan memiliki karakteristik tertentu, sehingga dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis, yaitu:
1)      Materi Keislaman.
Materi-materi yang membicarakan nilai-nilai Islam dalam upaya meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan pemahaman tentang Islam secara luas dan mendalam, untuk membangun pola fikir positif dan motivasi dalam kerja terutama yang berkenaan dengan pengelolaan keuangan secara islami.
2)      Materi Pengelolaan keuangan
Materi-materi yang membicarakan pengelolaan keuangan berbasis TIK yang terdiri dari berbagai materi pokok yang disajikan kedalam 8 sesi, rincian materi pelatihan ini diantaramya Materi Ruang lingkup pengelolaan keuangan, Komponen dalam TIK (Hardware dan Software) untuk pengelolaan keuangan, Pengetahuan dasar internet, Pengenalan perangkat lunak (software) untuk sistem operasi dan aplikasi, Teknik pengoperasian software: Pemanfaatan Microsoft Accessuntuk pengelolaan keuangan, serta Tips and trik penanggulangan masalah dalam TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) melalui study kasus.
3)      Materi Keterampilan.
Materi-materi yang menekankan untuk belajar, berlatih dan meningkatkan keterampilan, misalnya Teknik pengoperasian software (Microsoft Access) untuk pengelolaan keuangan di dalam sebuah perusahaan/ organisasi bisnis yang dipadukan dengan pemanfaatan internet melalui modul pelatihan.
1.5.Metode
Secara umum metode yang digunakan adalah metode andragogi. Metode andragogi adalah Suatu proses pendidikan kembali yang dapat mengurangi konflik-konflik sosial, melalui kegiatan-kegiatan antar pribadi dalam kelompok belajar itu. Metode ini juga dikombinasikan dengan metode partisipatif yang secara khusus diklasifikasikan ke dalam metode presentasi, praktikum disertai modul dan diskusi kelompok.
1.6.Sasaran
Sasaran pelatihan ini adalah para staff di bidang teknisi pengelolaan keuangan diseluruh perusahaan atau organisasi bisnis formal.

1.7.Peserta
Peserta pelatihan berjumlah maximal  50 orang yang terdiri dari semua pihak yang ingin mengembangkan potensi dirinya dalam manjemen keuangan di suatu organisasi atau perusahaan dan diutamakan bagi organisasi islam yang masih menerapkan metode sistem keuangan yang konvensional (manual/belum terkomputerisasi).
Kualifikasi Peserta terdiri dari:
a.       Latar belakang pendidikan minimal Program Diploma Satu (D1)
b.      Minimal usia 20-40 tahun
c.        Laki-laki dan perempuan
d.      Memiliki ketertarikan terhadap manjemen keuangan dan bekerja di lembaga keuangan Islam atau organisasi yang memiliki divisi bidang engelolaan keuangan
1.7.Fasilitas
1)      Pelatihan dilaksanakan di Ballroom Hotel Puri Katulistiwa Jatinangor selama tiga hari dua malam dengan kamar kelas Deluxe room beserta fasilitas air panas, TV, kolam renang, karaoke, restauran 24 hours dan garden cafe.
2)      Konsumsi di sediakan sesuai pilihan durasi pelatihan dan sesuai pilihan menu yang akan di berikan menyusul.
3)      Para peserta disediakan 1 unit Personal Computer serta diberikan modul pelatihan yang berisi CD tutorial dan buku panduan pelatihan.
4)      Para peserta diberikan T-shirt, notes, alat tulis, name tag dan sertifikat keikutsertaan pelatihan.
1.8.Waktu Dan Tempat
Pelatihan dilaksanakan di Hotel Puri Katulistiwa  Jl. Raya Jatinangor KM. 20 Bandung 45363 Phone : (022) 7791000, 7797060. Fax. (022) 7791444 selama 3 hari 2 malam pada Hari Jumat – Minggu, tanggal 25-27 Januari 2013.
1.9.Panitia Penyelenggara
Secara teknis kegiatan pelatihan ini diorganisasikan dan dilaksanakan oleh mahasiswa-mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jurusan Manajemen Dakwah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Adapun panitia penyelenggaranya yaitu sebagai berikut:
1)      Siti Haifa Octaviarini
2)      Rizky Nurhasanah
3)      Siti Nuraidah
4)      Reza Januar Hijab
5)      Muhammad Ramdan
6)      Mukarom Bulqoeni

1.10.                    Jadwal Kegiatan Pelatihan

NO
TANGGAL, WAKTU
KEGIATAN
PEMANDU
PENANGGUNGJAWAB
1.
Jumat, 07.00-08.00
Pembukaan pelatihan  pengelolaan keuangan berbasis TIK
MC: Siti Haifa
Mukarom
2.
08.00-09.30
Materi Keislaman
Moderator:
Pemateri:
Mukarom
3.
09.30-11.30
Pelaksanaan prestest tertulis (mengenai pengetahuan awal tentang TIK dan Pengelolaan keuangan)
Rizki Nurhasanah
Muhammad Ramdan
4.
11.30-13.30
Istirahat, solat dan makan siang
Siti Nuraidah
Reza Januar
5.
13.30-15.30
Materi Ruang lingkup pengelolaan keuangan: pemasukan, pengelolaan dan pengeluaran
Moderator: Pemateri:
Muhammad Ramdan
6.
15.30-17.30
Solat ashar, Coffee break dan ice breaking
Siti Nuraidah
Reza Januar
7.
17.30-19.00
Free time (solat magrib dan isya)

Mukarom
8.
19.00-20.00
Makan malam
Siti Nuraidah
Reza Januar
9.
20.00-21.30
Perkenalan komponen-komponen dalam TIK: software dan hardware yang diperlukan untuk pengelolaan keuangan dalam organisasi: sesi 1
Moderator:
Pemateri:
Siti Haifa
10.
21.30-22.00
Penutupan dan pemberian informasi untuk jadwal dihari berikutnya.
MC: Siti Haifa
Mukarom
11.
Sabtu, 07.00-08.00
Sarapan Pagi
Siti Nuraidah
Reza Januar
12.
08.00-09.30
Perkenalan komponen-komponen dalam TIK: software dan hardware yang diperlukan untuk pengelolaan keuangan dalam organisasi: sesi 2
Moderator:
Pemateri:
Siti Haifa
13.
09.30-11.30
Presentasi dan Pratikum: pengetahuan dasar internet dan Ms.Acess sesi 1
Moderator:
Pemateri:
Muhammad Ramdan
14.
11.30-12.30
Makan siang dan solat dzuhur
Siti Nuraidah
Reza Januar
15.
12.30-14.00
Presentasi dan Pratikum: pengetahuan dasar internet dan Ms.Acess sesi 2
Moderator:
Pemateri:
Muhammad Ramdan
16.
14.00-15.30
Sesi 1: Teknis pengoperasian ‘Ms.Acess’ untuk pengelolaan keuangan: Teori
Moderator:
Pemateri:
Mukarom
17.
15.30-16.00
Tea break
Siti Nuraidah
Reza Januar
18.
16.00-17.30
Sesi 2: Teknis pengoperasian ‘Ms.Acess’ untuk pengelolaan keuangan: Pratikum
Moderator:
Pemateri:
Mukarom
19.
17.30-18.00
Penutupan dan pemberian informasi untuk jadwal dihari berikutnya.
MC: Siti Haifa
Mukarom
20.
18.00-20.00
Solat magrib, solat isya dan makan malam
Siti Nuraidah
Reza Januar
21
Minggu, 07.00-08.00
Sarapan pagi
Siti Nuraidah
Reza Januar
22
08.00-11.00
Studi kasus: Tips dan trik operasi dan aplikasi pengelolaan keuangan mengatasi permasalahan seputar penggunaan TIK dalam pengelolaan keuangan dan pemeliharaaan sistem pengelolaan keuangan berbasis TIK
Moderator:
Pemateri:
Siti Haifa
23.
11.00-13.00
Makan siang dan solat dzuhur
SitiNuraidah
Reza Januar
24.
13.00-15.00
Post test: evaluasi memaksimalkan para peserta dalam teori dan praktek
Rizki Nurhasanah
Muhammad Ramdan
25.
15.00-16.00
Penutupan acara pelatihan dan masa percobaan selama 1 bulan dalam penerapan serta informasi pelatihan lanjutan.
Siti Haifa
Mukarom
26.
16.00-selesai
Solat ashar dan persiapan kepulangan
Siti Nuraidah
Reza Januar

0 komentar:

Posting Komentar